Seandainya Waduk Saguling Kawas Kieu? Yuk Ka Saguling!

Maen Ke Waduk Saguling lagi Yuk?! Kali ini saya pengen berbagi cerita tentang Waduk Saguling (Bendungan Saguling). Yupz, sekalian bantu pemerintah memperkenalkan objek Wisata di Kabupaten Bandung Barat ini hehe. Lagian saya sendiri juga tinggal gak jauh dari Saguling, saya tinggal di Desa Neglasari, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat.

Bagi warga setempat, Bendungan Saguling pastilah sudah gak asing lagi. maklum lah, siapapun yang tinggal di wilayah objek wisata, pasti bosen kalau maennnya cuman ke situ-situ saja. Orang yang tinggal disekitaran Saguling justru kebanyakan liburan keluar Saguling. Bener gak sih? Padahal tiap kali saya ke Saguling, saya merasa cukup nyaman dan tenang, apalagi kalau Ke Sagulingnya pas sore-sore, diem dibagian atas dan melihat pemandangan sambil menikmati udara segar Atau melihat fenomena "Monyet" yang sering muncul dijalanan Saguling.
Objek Wisata Saguling bendungan
Waduk PLTA Saguling. Kab. Bandung Barat, Jawa Barat
Suatu saat saya pernah kedatangan temen jauh orang Sulawei. Dia kebetulan baru pulang dari Portugal habis selesain studinya dan langsung mampir ke rumah saya. Bingung ngajak dia maen kemana dari pada Liburannya di Rumah, akhirnya saya ajak ke Saguling. Dia bilang, cukup menyenangkan bisa maen ke Saguling, udaranya segar dan pemandangannya sangat bagus. Yupz, kita maen di Saguling dari Pagi hingga menjelang siang. Saguling memang enak untuk tempat bersantai, sambil duduk-duduk terus bawa cemilan dan ngobrol ngalor ngidul. Tidak begitu ramai juga tidak sepi. Pokoknya dia bilang sangat nyaman. Kalau di Kota, Sangat sumpek dan penuh polusi.

Saya sendiripun merasakan hal yang sama. Ketika penat dengan rutinitas, tempat pertama yang saya kunjungi adalah Saguling. Duduk dibagian atas dibawah pohon besar sambil melihat ke bawah ke seluruh area Saguling. Rasanya yang tadinya penat perlahan mencair dan kembali segar lagi.
Liburan ke Saguling KBB
Foto Dulu ya.. IyenBlog.com
iyenblog.com
Lagi, IyenBlog.com
Objek Wisata Saguling memang terkenal hingga keluar daerah. Setiap akhir pekan, tempat ini cukup banyak didatangin wisatawan dari luar daerah seperti Cimahi dan Kota Bandung, atau dari Cianjur dan sekitarnya. Namun saya melihat potensi ini masih belum dimaksimalkan. Wajar saja, Saguling awalnya bukanlah diperuntukan sebagai tempat wisata, melainkan bendungan Khusus untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air. Anda bisa lihat sendiri, jalanan menuju ke Wilayah bendunganpun di batasi dengan Pagar, artinya memang bukan jalan untuk Umum. Tapi seiring perkembangannya, Kini saguling seolah menjadi wilayah yang memiliki daya tarik yang cukup tinggi yang mampu mendatangkan wisatawan. Saya pikir, potensi ini harus dikembangkan lagi, jangan sampai Saguling kian menjadi lebih ramai tanpa dikelola dengan baik, ujung-ujungnya akan menjadi sembrawut, pedagang tidak tertata dengan rapi, truz sampah yang berserakan karena tidak disediakan tempat buang sampah ditambah lagi dengan corat-coret cat di dinding-dinding Saguling.
sampah pengunjung saguling
Coretan dan Sampah Pengunjung
Saguling jika dikembangkan lebih serius lagi sebagai objek wisata, bukan tidak mungkin, Saguling bisa  menjadi tempat wisata andalah Kabupaten Bandung Barat yang saat ini masih terfokus ke daerah Lembang. Memang tidak mudah untuk mencapai itu semua, tapi setidaknya potensi yang sudah terlihat, bisa mulai dirintis untuk kedepannya.

Terkadang saya membayangkan di Saguling kian Ramai dengan wahana bermain dan hiburan, seperti Water Park didekat bumi perkemahannya, Gak perlu ribet soal air, kan tinggal ambil dari Air Saguling. Terus dibagian sungai Sagulingnya terdapat moda transportasi seperti Perahu Wisata dua tingkat yang bagian atasnya tanpa atap. Atau, disediakan bandara mini untuk kegiatan Hobi Aeromodeling seperti bermain pesawat remote control di Saguling pastinya sangat menyenangkan karena wilayah udara (Aerodrome) cukup lapang dan tanpa hambatan. Atau saya juga membayangkan di bagian samping jalan lurus Saguling terdapat meja-meja kecil untuk jajanan, sambil duduk-duduk dipinngir sungai sore-sore sambil nikmatin secangkir coklat hangat.
wisata waduk Saguling
Waduk Saguling, Kab. Bandung Barat
Saya juga membayangkan Saguling sebagai tempat studi untuk umum atau semacam museum yang bisa dibuka kapan saja sehingga adek-adek sekolah dan masyarakat setempat bisa datang kapan saja untuk belajar lebih dalam lagi tentang Waduk Saguling, baik dari teknologinya, cara kerjanya hingga sampai menghasilkan listrik dan lain sebagainya. Karena saya perhatikan, banyak ko warga sekitar yang gak ngerti soal ini?termasuk saya hehe. Gimana? Menarik bukan?

Yupz, angan-angan ini tidaklah datang dengan sendirinya, ketika teman saya yang dari Portugal bercerita, Wilayah Saguling hampir mirip dengan salah satu wilayah disana yang ditata sedemikian rupa seperti yang saya bayangkan diatas namun dengan sedikit improvisasi tentunya hehe. (Bahasanya kawas Vicky nya.. ).

Nah, apa angan-anganmu untuk Saguling? Kira-kira bagusnya Saguling dikumahakeun ameh rame jeung lebih manfaat, khususnya untuk objek wisata?

5 Responses to "Seandainya Waduk Saguling Kawas Kieu? Yuk Ka Saguling!"

  1. Hahaha jd pengen maen ke saguling :P

    BalasHapus
  2. I love saguling.. karena saya orang saguling..
    semoga saguling bisa menjadi tujuan utama objek wisata di daerah bandung,,, amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Kang, asalkan kitanya bisa berperan aktif menjaga saguling lebih rapih lebih bersih,, juga tuan rumah harus ramah sama tamu,,, gak lupa promosi... :)

      Hapus
  3. apa betul d sana banyak lobster air tawar nya?

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel