Kumpulan Doa Harian Lengkap Beserta Artinya

Kumpulan Doa Harian Lengkap Beserta ArtinyaAssalamualaikum Warrohmatullohi Wabarokatuh. Selamat malam semuanya, sudah shalat isya kah kalian ? Kalau belum shalat dulu ya! He. Kembali lagi di blog kesayangan kalian tentunya hanya di sini. Kali ini saya akan berikan artikel yang sangat bermanfaat buat teman-teman yaitu tentang doa harian.

Teman semua pasti sudah pada tahu bahwa setiap hal yang kita lakukan di dunia ini haruslah di awali dengan bacaan doa, minimalnya baca basmalah. Apakah teman-teman suka membaca doa terlebih dahulu sebelum memulai sesuatu ?

Doa merupakan ucapan yang memiliki banyak makna dan merupakan intisari dari ibadah. Segala apa yang kita kerjakan jika diawali dengan bacaan doa maka semuanya akan menjadi ibadah dan mendapat pahala, jika tidak maka semua yang kita lakukan hanyalah sia-sia. Kita hanya akan mendapat satu kebaikan saja dari apa yang kita lakukan. Berdoa adalah kewajiban yang harus kita laksanakan. Sesuai dengan firman Allah SWT dalam QS. Al-Mukmin : 60 yang artinya :
"Berdoalah kamu kepada-Ku niscaya Ku kabulkan doamu itu'! Orang-orang yang menyombongkan diri  hingga tak hendak beribadah kepada-Ku sungguh mereka itu akan masuk neraka dalam keadaan hina dina!"
Doa bukan hanya sebatas ucapan yang kita ucapkan begitu saja, karena dari doa banyak sekali faedah doa yang kita bisa dapatkan dari sana, yaitu :
kumpulan doa harian

1. Doa merupakan intisari dari ibadah dan merupakan bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi Muhammad Saw, yaitu : "Doa adalah ibadah" (HR. Abu Dawud dan Ahmad)

2. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di depan kita, maka sebelum kita melakukan sesuatu berdoalah terlebih dahulu. Doa menjadi sebab untuk mencegah bencana di depan kita.

3. Dengan berdoa kita akan selalu mendapatkan pertolongan Allah dalam menghadapi sesuatu, sebagai tanda bukti bahwa kita benar-benar beriman dan bertakwa kepadaNya, serta untuk meredamkan murka Allah saat kita mempunyai kesalahan.

4. Dengan doa maka kita akan mendapatkan 3 manfaat yang sangat luar biasa. Rasulullah Saw. bersabda :
“Tidaklah seorang muslim memanjatkan do’a pada Allah selama tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturahmi antar kerabat, pen,  melainkan Allah akan beri padanya tiga hal: 1. Allah akan segera mengabulkan do’anya, 2 Allah akan menyimpannya baginya di akhirat kelak, dan 3. Allah akan menghindarkan darinya kejelekan yang semisal.”
Lalu para sahabat beliau lantas mengatakan :
“Kalau begitu kami akan memperbanyak berdo’a.”
Nabi Muhammad Saw berkata :
“Allah nanti yang memperbanyak mengabulkan doa-doa kalian.” (HR. Ahmad).
5. Dan masih banyak lagi faedah doa-doa yang lainnya.

Setelah kita mengetahui faedah doa yang sangat luar biasa tentu saja saat ini juga kita ingin bisa dan ingin selalu berdoa dalam setiap aktivitas yang kita lakukan sehari-hari. Tapi teman-teman tidak perlu cemas dan khawatir, di sini saya akan berikan kumpulan doa harian lengkap beserta artinya yang bisa teman-teman bacakan sebelum melakukan sesuatu.

Ada banyak sekali doa harian yang harus kita baca, akan tetapi di sini saya akan berikan doa-doa yang umum saja. Berikut kumpulan bacaan doa hariannya.

1. Doa Bercermin
Doa harian bercermin
Alhamdulillahilladi allahumma kama hasanta kholqi fahasin khuluqi
Artinya : "Segala puji bagi Allah, Ya Allah sebagaimana engkau telah memperindah kejadianku, maka perindah pulalah akhlakku."

2. Doa Kelancaran Berbicara

Robbis rohli sodri wayasirli amri wahlul 'ukdatam millisani yafqohu qouli

Artinya : "Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku, dadaku, Dan mudahkanlah bagiku, tugasku, Dan lepaskanlah simpulan dari lidahku, Supaya mereka faham perkataanku." 

3. Doa Naik/Duduk dalam Kendaraan
Doa harian untuk kelancaran berbicara
Subhanalladi sakhorolana wama kunna lahu mukrinina wainna ila lamunqolibun
Artinya : "Maha Suci Tuhan yang memudahkan ini kendaraan bagi kami, sedangkan kami tiba bisa memudahkan kepadaNya, dan kepada Allah kami kembali."

4. Doa Melawat/Merawat Orang Sakit
doa harian melawat/merawat orang sakit
Allahumma robbannasi adhibil ba sa isyfi antas syafila syifaan illa syifa uka syifaan layugodiru saqoman
5. Doa Memperoleh Kesehatan dan Akhlak yang Baik
Allahumma agnini bil 'ilmi wajayyini bil hilmi wa akrimni bitaaqwa wajammiluni bil'afiyat
6. Doa Ketika Sakit
Allahumma 'afini fi badani allahumma 'afini fi sam'i allahumma 'afini fi basori
7. Doa Berpakaian
doa harian berpakaian
Allahumma inni asaluka min khoirihi wa khoirima huwa lahu wa'a'udubika min syarri ma huwalahu
Artinya : "Ya Allah aku memohon kepadaMu dari kebaikan pakaian ini, dan kebaikan sesuatu yang ada di pakaian ini. Dan aku berlindung kepadaMu dari kejahatan pakaian ini dan dari sesuatu yang ada di pakaian ini."

8. Doa Mohon Rahmat dan Perbaikan Ikhwal
Robbana atina milladunka rohmataw wahayyi lana min amri narosyada
9. Doa Menyambut Pagi
Allahumma bika asbahna wabika ahya wabika namutu wailakannusyur
Artinya : "Ya Allah dengan pertolonganMulah kami memasuki waktu pagi serta dengan kekuasaanMulah kami hidup dan mati dan kepadaMu tempat kami kembali"

10. Doa Menyambut Sore
Allahumma bika amsaina wabika nahya wabika namutu wailakannusyur
11. Doa Menyambut Malam
Allahumma inna hada ikbala lailika waidbaro naha rika waaswatudu 'aika fagfirli
12. Doa Sebelum Menerima Pelajaran (Doa Mau Belajar)
Allahummar jukna fahmannabiyyina wahifdol mursalina wailhamal malaikatil muqorrobina birohmatika ya arhamarrohimin
13. Doa Setelah Menerima Pelajaran (Doa Setelah Belajar)
Allahumma 'alimna 'ilman yanfauna waanfa'na bima 'alamtana
14. Doa Berangkat/Keluar Dari Rumah
Doa harian berangkat atau keluar dari rumah
Bismillahi tawakaltu 'alallah lahaula walaquwwata illa billahil 'aliyil 'adzim
Artinya : "Dengan nama Allah, aku berserah diri kepada Allah. Tiada daya upaya dan tiada kekuatan selain dari karunia Allah."

15. Doa Dimudahkan Rezeki
Allahumma inna nas'aluka rijkon halalan toyyiban kasiron mubarokan min goiri ta'abin wala dohirin wala nasobin wala masaqotin innalloha 'ala kulli syaiin qodir
Masih banyak lagi doa-doa yang lainnya yang bisa teman-teman baca sebelum melakukan aktivitas. Demikian kumpulan doa harian lengkap beserta artinya yang bisa saya bagikan untuk teman semua. Mudah-mudahan apa yang telah saya sampaikan bisa bermanfaat dan bisa teman-teman aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Terima kasih. Wassalamualaikum Warrohmatullohi Wabarokatuh.

0 Response to "Kumpulan Doa Harian Lengkap Beserta Artinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel